Pages

Saturday, May 18, 2013

Haji Aceh Timur Pindah ke Irak


Idi-KemenagNews (16/5/2013) Alhamdulillah, pelayanan para jamaah calon haji Kabupaten Aceh Timur sejak hari Senin tanggal 13 Mei 2013 sudah resmi pindah ke Irak (Idi Rayeuk) Ibu Kota Kabupaten Aceh Timur, yang sebelumnya pelayanan tersebut dilakukan di Kantor Kementerian Agama Lama di Kota Langsa.
Dengan perpindahan tersebut, maka pelayanan sistem komputer haji terpadu (Siskohat) online dan segala pelayanan menyangkut penyelenggaraan haji Kabupaten Aceh Timur berpindah ke Kantor Kementerian Agama yang baru di Idi Rayeuk sejauh 70 km dari kantor lama. Hal ini disambut gembira oleh masyarakat, terutama jamaah yang akan berangkat haji tahun ini, karena yang sebelumnya mareka ada yang harus menempuh jarak 120 km atau 3 jam perjalanan, kini dapat ditempuh 50 km atau setengah jam perjalanan.
Kasi Haji dan Umrah Kabupaten Aceh Timur Drs. Ahmad, MA mengatakan keterlambatan perpindahan pelayanan haji dikarenakan proses perpindahan peralatan Siskohat tersebut yang terlalu lama oleh Kementerian Agama Pusat dengan pihak telkom, di antara kendalanya adalah banyak Kabupaten/Kota di Indonesia yang minta pindah perangkat alat Siskohat tersebut, sedangkan teknisinya terbatas, sehingga tertunda hingga 5 bulan, padahal seksi-seksi lainnya sudah pindah sejak bulan November 2012.
Kasi Haji Aceh Timur menambahkan, walaupun para jama’ah calon haji merasa gembira namun disisi lain pendaftar baru merasa kecewa karena mereka belum bisa mendapatkan pelayanan pendaftaran sehingga pendaftar baru tidak mendapat nomor porsi keberangkatan, akibatnya akan mempengaruhi pada antrian tahun keberangkatan nantinya.
“Pihak kami terus berkoordinasi dengan pusat dan pihak telkom setempat agar peralatan siskohat tersebut dapat segera berfungsi dengan baik, sehingga kekhawatiran para jamaah dapat segera berakhir”, ujar Ahmad yang dibenarkan oleh Kepala Kankemenag Aceh Timur Drs. H. Faisal Hasan. (Jamaluddin/y)

0 comments:

Post a Comment