Pages

Wednesday, June 12, 2013

Kakankemenag Atim Buka Manasik Haji




Idi-KemenagNews (12/6/2013)
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur Drs.H.Faisal Hasan secara resmi membuka manasik haji untuk wilayah Kecamatan Idi dan sekitarnya yang diikuti oleh 20 orang terdiri dari kecamatan Idi Rayeuk 15 orang, Idi tunong hanya 1 orang, Banda Alam 2 orang, Darul Ihsan 1 orang, dan Peudawa 2 orang.
Acara yang diadakan di aula Kantor Camat idi Rayeuk tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan, Kapolsek Idi Rayeuk, Ketua IPHI, Kepala KUA, Imum mesjid Agung Idi, Ulama dan tokoh masayarakat serta turut hadir Wakapolres Aceh Timur beserta istri yang merupakan peserta manasik haji.
Tgk. Zulkahidir ,SH selaku Camat Idi Rayeuk mengajak para calon jamaah untuk mempersiapkan diri secara baik baik mental maupun fisik agar ibadah yang sudah lama dicita-citakan ini tidak sia-sia sehingga menghalangi para peserta untuk menunaikan ibadah ini dengan baik.
Sementara itu Kakankemenag Drs.H.Faisal Hasan dalam arahannya mengatakan sesuai dengan KMA RI nomor 58 tahun 2013 tentang penetapan kouta haji nasional berjumlah 211,000 dengan rincian 194,000 jamaah regular dan 17,000 jamaah khusus atau plus.
“Untuk provinsi Aceh ditetapkan sebanyak 3,888 orang plus petugas 36 orang sehingga berjumlah 3,924 orang, sedangkan biaya BPIH tahun ini sesuai Perpres nomor 31 tahun 2013 untuk Aceh berkisar 3,252 US Dolar atau lebih kurang 32,500,000, tergantung kurs dolar”, jelas Kakankemenag.
Kakankemenag menambahkan kegiatan manasik ini rencananya akan dilaksanakan di masjid agung Darussalihin Idi Rayeuk sebanyak 7 kali pertemuan.
“Kepada semua calon jamaah haji agar dapat mengikuti manasik haji hingga selesai, agar bermanfaat di Tanah suci nantinya, sedangkan para calon jamaah yang belum terpanggil agar mempersiapkan diri untuk ikut manasik, sehingga apabila jika ada penambahan kouta sudah dapat diikutsertakan ke tanah suci Mekah”, harapnya lagi.
Untuk tahun ini jumlah jamaah usia uzur Aceh timur sebanyak 7 orang dan akan diberangkatkan pada kloter terakhir bergabung dengan jamaah uzur lainnya. (Jamaluddin)

0 comments:

Post a Comment